Selamat datang, di MAKOMPERS Universitas Gunadarma. silahkan kunjungi dan dapatkan berita terupdate seputar kampus Universitas Gunadarma.,

Google Website Translator Gadget

Search Bulletin

Seputar Universitas Gunadarma - Edisi 1 Oktober 2009




Redaksi

Selamat datang kepada para mahasiswa baru Fakultas Ilmu Komunikasi UG 2011 ! Selamat bergabung menjadi bagian dari keluarga besar MAKOM, tempat kalian akan menuntut ilmu, mendapatkan pengalaman berharga dan menemukan banyak teman baru.
Isi dari edisi kali ini, salah satu nya adalah pengenalan kepada MaBa (Mahasiswa Baru) mengenai hal-hal seputar lembaga pendidikan kampus UG, juga mengenai proses penerimaan mahasiswa-mahasiswa baru di Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma. Selamat membaca! 

DAFTAR ISI

Dari Redaksi...........................................................
Struktur Organisasi.................................................
Laporan Utama.......................................................
Profil.......................................................................
Kema......................................................................
Event......................................................................
Lentera...................................................................
Kajian…………………………………………........
Review Film............................................................
Serabi.....................................................................
Opini......................................................................
Iklan........................................................................

Struktur Organisasi


Laporan Utama
Mengenal Seluk Beluk Seputar Kampus Universitas Gunadarma 


Pada 7 Agustus 1981 berdiri Program Pendidikan Ilmu Komputer (PPIK) di Jakarta yang tiga tahun kemudian berubah menjadi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Gunadarma. Enam tahun kemudian, tepatnya pada 13 Januari 1990, berdiri Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gunadarma (STIE Gunadarma). Pada tahun 1993, STMIK dan STIE membuka Program Magister dengan konsentrasi Manajemen Sistem Informasi untuk STMIK serta Magister Manajemen untuk STIE. Selanjutnya, melalui S.K. Dirjen DIKTI No.92/Kep/Dikti/1996 tertanggal 3 April 1996, STMIK dan STIE Gunadarma melebur menjadi UNIVERSITAS GUNADARMA bersama dengan empat fakultas baru yaitu Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Fakultas Psikologi, dan Fakultas Sastra. Membuka milenium baru, Universitas Gunadarma membuka Program Doktor Ilmu Ekonomi berdasarkan ijin Dirjen Dikti Departemen Pendidikan Republik Indonesia No. 55/DIKTI/2000 yang diikuti dengan pembukaan Program Doktor Teknologi Informasi berdasarkan ijin Dirjen Dikti Departemen Pendidikan Republik Indonesia No. 3716/P/T/2002. 


Visi dan Misi Universitas Gunadarma


Visi
·  Universitas Gunadarma ingin menjadi Universitas berbasis teknologi informasi dan komunikasi terkemuka di Indonesia yang kontribusinya di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat diakui (recognized), baik di tingkat regional maupun internasional
Misi
·    Menyelenggarakan pendidikan tinggi berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang berkualitas dalam rangka meningkatkan daya saing bangsa.
·    Menciptakan suasana akademik yang mendukung terselenggaranya kegiatan penelitian yang bertaraf internasional dan bermanfaat bagi kesejahteraan umat manusia.
· Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat sebagai ujud pengejawantahan tanggung jawab sosial institusi (university social responsibility).
·   Menyelenggarakan kerjasama dengan pelbagai institusi, baik di dalam maupun di luar negeri.
·     Mengembangkan organisasi institusi dalam rangka merespon pelbagai perubahan yang terjadi.

Gedung Kampus
Kampus Kegiatan perkuliahan Universitas Gunadarma dilaksanakan di 8 (delapan) Kampus, yaitu :


·         Kampus A di Jl. Kenari III No. 33 Jakarta Pusat
·         Kampus B di Jl. Salemba Bluntas Jakarta Pusat
·         Kampus C di Jl. Salemba Raya No. 53 Jakarta Pusat
·         Kampus D di Jl. Margonda Raya 100 - Depok
·         Kampus E di Jl. Akses Kelapa Dua, Cimanggis
·         Kampus G di Jl. Akses Kelapa Dua, Cimanggis
·         Kampus H di Jl. Akses Kelapa Dua, Cimanggis
·         Kampus J di Jl. KH. Noer Ali, Kalimalang, Bekasi

 Profil

Cici, Sang Penyiar Dari Fakultas Ilmu Komunikasi 2009 Universitas Gunadarma


          Ciciolina Dwi Nurani Utami, yang biasa dipanggil dengan sebutan Cici, ádalah seorang mahasiswi Fakultas Komunikasi Universitas Gunadarma angkatan 2009  yang juga menjadi penyiar tetap di radio Universitas Gunadarma sejak bulan awal bulan Januari lalu, tepatnya pada tanggal 06 Januari 2011.
Selain dikenal sangat aktif dikelas, ia juga dikenal supel dalam hal berteman. Mahasiswi yang pernah menjadi asisten dosen di salah satu mata kuliah ini juga merupakan anggota paduan suara SWARA DARMAGITA Gunadarma sejak tahun 2009 lalu. Keaktifan dan keeksisannya menjadi anggota dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) paduan suara Gunadarma itu telah melambungkan namanya sehingga ia mulai dikenal oleh banyak mahasiwa dari fakultas lain.
Dalam merintis kariernya sebagai penyiar radio UG, ia tidak pernah mengabaikan tugas dan kewajiban-kewajibannya sebagai seorang mahasiswa. Ia konsisten terhadap apa yang digelutinya, dan ia adil dalam hal membagi waktu. Suara centil dan ringannya bisa kita dengar di saluran 107,7 UG Radio di jam-jam tertentu.




Kema 

Penggalangan Dana Bagi Korban Bencana Alam di Daerah Situ Gintung Oleh MAKOM 
UG
Banyaknya bencana alam yang terjadi seperti tsunami di Mentawai, meletusnya Gunung Merapi, serta tragedi Situ Gintung membuat masyarakat Indonesia merasa sangat prihatin. Tragedi Situ Gintung adalah bencana alam yang sangat memilukan bangsa Indonesia ini, yang korbannya sampai ribuan orang.
Kami sebagai mahasiswa jurusan ilmu komunikasi Universitas Gunadarma sangat terpukul mendengar kejadian bencana alam tersebut. Didorong rasa kemanusiaan dan kepedulian kepada sesama, para mahasiswa komunikasi UG berinisiatif  menggalang dana untuk membantu para korban bencana. Para mahasiswa berharap bantuan ini dapat meringankan beban yang dirasakan masyarakat disekitarnya. Bantuan yang dikumpulkan dapat berupa uang ataupun pakaian. Dengan adanya penggalangan dana ini juga diharapkan dapat mengembangkan rasa kepedulian mahasiswa Gunadarma terhadap penderitaan yang di alami oleh para korban.Wujud nyata dari aksi penggalangan dana ini adalah didirikannya pos kepedulian di kampus E depan gedung 3 sebagai tempat penyaluran bantuan. Selain itu penggalangan dana juga dilakukan dengan cara ‘ngecrek’ keliling kampus.
Semoga aksi penggalangan dana yang dilakukan oleh mahasiswa Gunadarma ini dapat bisa bermanfaat bagi korban bencana. 

            Gathering 3 Angkatan Mahasiswa Komunikasi di Pondok Laras
      
Pada tanggal 5 Oktober 2011, mahasiswa komunikasi angkatan 2010 mengadakan acara gathering di pondok laras. Tujuannya yaitu untuk mempererat tali silaturahmi di setiap angkatan, baik itu angkatan 2009 maupun 2011. Dan juga agar saling mengenal satu sama lain.
Semua mahasiswa komunikasi sangat antusias dan menyambut dengan baik adanya acara tersebut. Disana tidak hanya makan bersama, tapi juga ada berbagai game yang dibuat oleh panitia mahasiswa komunikasi 2010 tujuannya agar rasa kekeluargaan di setiap angkatan di fakultas ilmu komunikasi semakin erat.

 Event
Jalan-jalan Akhir Pekan dan Studi Banding Bersama MAKOM UG  
 
Setelah padat dengan jadwal kuliah yang menguras otak dan tenaga, mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi biasanya merencanakan libur akhir pekan bersama. Setelah fix dengan plan yang telah direncanakan, MAKOM (Mahasiswa Komunikasi) UG pun serentak pergi ke tempat-tempat wisata yang mereka tuju. Ada banyak tempat yang telah mereka kunjungi, seperti ke Monumen Nasional (Monas), Kota Tua, Taman Impian Jaya Ancol, Villa Botani, mengikuti acara Fun Games, kunjungan studi banding ke TVRI dan ke Ragunan.
Kebersamaan MAKOM dalam setiap hal telah membuat masing-masing orangnya memiliki hubungan tali persaudaraan yang lebih erat. Hal ini dapat dilihat dari kekompakan dan keseriusannya saat dikelas, berusaha aktif dan selalu ingin menjadi yang terbaik.
Banyak pengalaman-pengalaman berharga yang telah MAKOM lewati, salah satunya sewaktu melaksanakan studi banding di stasiun TVRI. Disana MAKOM UG mendapat pelajaran-pelajaran bermanfaat seputar pengetahuan mengenai tata cara penggunaan alat-alat yang mendukung proses penanyangan suatu program televisi, dan sebagainya. Selain itu, MAKOM juga menjadi juara pertama saat mengikuti kuis Fun Games yang ditayangkan oleh pihak TRANS TV.
Untuk kedepannya MAKOM berharap dapat banyak mengukir prestasi baik akademik maupun non akademik , juga dapat mengharumkan nama Fakultas Ilmu Komunikasi. 


Lentera

Menanti Adanya Fasilitas Laboratorium Fakultas Ilmu Komunikasi UG


Fasilitas laboraturium untuk fakultas ilmu komunikasi akan segera ada di universitas gunadarma.
Bagaimana perkembangannya? Tentunya bukan hanya mahasiswa komunikasi saja yang mengharapkan agar segera hadirnya ruang laboratorium, tetapi juga semua pihak yang  terlibat agar kegiatan perkuliahan tidak terhambat, semangat belajar para mahasiswa komunikasi tetap konsisten.
Dengan menanti adanya fasilitas laboratorium di fakultas ilmu komuikasi ini, berarti menandakan bahwa adanya peningkatan kualitas pendidikan sehingga prestasipun akan tercapai secara maksimal serta khususnya untuk angkatan pertama 2009 dapat lulus dengan membanggakan.

 Kajian 

Yakinkah MAKOM bisa belajar keluar negeri untuk mendapatkan Double Degree?


Pasti akan sangat membanggakan jika para mahasiswa komunikasi dapat belajar keluar negeri untuk mendapatkan double degree. Pertanyaannya adalah bagaimana menumbuhkan rasa yakin dan kepercayaan diri para mahasiswa komunikasi untuk mendapat kesempatan belajar di luar negeri? Hal ini tentunya harus ada persiapan diri yang matang dan dipersiapkan mulai dari sekarang, baik dari materi, mental maupun tingkat intelegensi.
Membangun rasa yakin akan kemampuan diri sendiri dan rasa percaya diri kadang tidak mudah untuk sebagian mahasiswa. Untuk itu, harus adanya sikap saling support dan saling membantu dalam hal belajar agar segala hal yang membuat ragu dan ketidak percayaan diri dapat terganti dengan kepercayaan diri yang kuat.
Dengan semakin tingginya tingkat daya saing dan kompetisi dibidang akademis maupun non akademis, baik itu antar fakultas negeri ataupun swasta di Indonesia maupun antar Negara. Maka untuk para mahasiswa khususnya di fakultas ilmu komunikasi gunadarma, dapat bersaing secara sehat dan membuktikan intelegensi yang baik juga.

  
 Review Film

Harry Potter and Deathly Hallows Part 2


Voldemort (Ralph Fiennes)  telah berhasil mendapatkan Elder Wand setelah ia membongkar makam Dumbledore (Michael Gambon). Voldemort yakin kini tak ada lagi yang bisa menghalanginya. Harry Potter  (Daniel Radcliffe) pun tak akan bisa berbuat apa-apa lagi sekarang.
Tanpa sepengetahuan Voldemort, Harry Potter ternyata melihatnya dari sisi lain. Harry tahu ia lebih baik mencari Horcruxes milik Voldemort daripada memburu Elder Wand. Masalahnya, salah satu Horcruxes ini ternyata ada di Hogwarts dan Harry, Hermione, dan Ron harus kembali ke tempat mereka mengawali perjalanan berbahaya ini. Celakanya, Voldemort pun menyusul ke Hogwarts dan berencana menghancurkan semua yang ada di sana.
Pertempuran pun tak bisa lagi dihindarkan. Entah sudah berapa banyak korban yang jatuh namun Voldemort tak akan berhenti sampai ia berhasil membunuh Harry Potter. Di saat-saat genting ini, sebuah misteri akhirnya terungkap. Bisa jadi, untuk mengalahkan Voldemort, Harry harus ikut jadi korban juga. Apakah ini akhir dari perjalanan hidup Harry Potter?



Serabi


Peningkatan Jumlah Mahasiswa Berprestasi Program Beasiswa Tahun 2011 di Fakultas Ilmu Komunikasi Gunadarma



Pada masa perkuliahan tahun ajaran baru 2011 yang lalu, Universitas Gunadarma menyeleksi calon-calon mahasiswa untuk mendapatkan beasiswa tingkat sarjana 1 di fakultas ilmu komunikasi. Untuk setiap tahunnya calon mahasiswa baru yang ingin mengambil jurusan ilmu komunikasi semakin meningkat.
Hal ini dapat dilihat dari jumlah mahsiswa angkatan pertama tahun 2009 sebanyak 19 orang, mahasiswa angkatan kedua tahun 2010 sebanyak 36 orang dan mahasiswa angkatan tahun 2011 ini mencapai 38 orang.
Calon mahasiswa yang telah terpilih tersebut wajib mengikuti beberapa proses seleksi yang Universitas Gunadarma ajukan. Proses seleksi yang pertama yaitu dilihat dari jumlah nilai rata-rata rapor ujian akhir di kelas 3 SMA semasa, kemudian berlanjut pada psikotes yang Universitas Gunadarma adakan sendiri tepatnya dikampus D Margonda, Depok.
Setelah melewati serangkaian tes seleksi tersebut, bagi calon mahasiswa yang telah lolos uji seleksi akan melewati masa matrikulasi, masa dimana para calon mahasiswa saling berinteraksi, beradaptasi dan masa pengenalan diri terhadap ruang lingkup di Universitas Gunadarma.
Diharapkan untuk tahun depan program beasiswa untuk siswa berprestasi ini masih ada. Dan banyak calon-calon genearasi muda yang sukses terlahir dari lulusan Universitas Gunadarma.

 Opini

Harapan Dari Mahasiswa Untuk Kemajuan Fakultas Ilmu Komunikasi

Choirul Umam :
“Semoga Fakultas Ilmu Komunikasi  khususnya untuk angkatan 2009 dapat melahirkan insan-insan komunikasi yang memiliki dedikasi tinggi dan professional . GO #Makom UG !!!
Ricki :
“Semoga sarana dan prasarana untuk Fakultas Ilmu Komunikasi dapat terlengkapi. Sehingga kegiatan perkuliahan dapat berjalan dengan lancar.”


@Nasherooy (Ahmad Naser)
“Buat kedepannya semoga Fakultas Ilmu Komunikasi tercinta ini makin majuu, makin solid anak-anaknya, makin welcome dosen-dosennya. SEMANGAT!! “
@theciciolina ( Ciciolina Dwi Nurani)
“Disini gue nemuin arti persaudaraan yang sesungguhnya, thankyou gaiss, kalian the best! Khususnya buat MAKOM 2009, kompak selaluuu.. salut juga buat tim penyusun @makompersUG , don’t give up to make amazing news nyaa.. ditunggu!! “



Tanggapan Para Dosen Untuk Mahasiswa Komunikasi 2009 dan Tanggapan Makom untuk Para Dosen


Mahasiswa ilmu komunikasi 2009 merupakan angkatan pertama di universitas gunadarma yang berjumlah 19 orang. Terdiri dari 10 laki-laki dan 9 perempuan.
Menurut para dosen yang telah mengajar di kelas makom 2009, bahwa makom angkatan pertama ini memiliki kesan yang baik. Dinilai dari keaktifan ketika belajar dikelas dari sisi akademis maupun non akademis, adanya kesopanan, mampu menempatkan situasi dengan baik dan memberikan contoh yang baik pula kepada adik-adik kelasnya.
Lalu bagaimana tanggapan mahasiswa komunikasi 2009 terhadap para dosen yang telah mengajar maupun yang kini sedang mengajar? Makom sendiri berpendapat bahwa karena setiap karakter dosen itu berbeda, maka cara dalam mengajar di bidang studi masing-masingnya pun berbeda, memiliki ciri khas tersendiri.
Namun hal itu yang membuat suasana kelas saat belajar itu menarik dan ada tantangannya. Para dosen sangat baik, bijaksana dan mensupport hal-hal yang positif untuk kemajuan fakultas ilmu komunikasi ini.



Kantor redaksi :
Jalan Taman Inti lt.3 Ilmu Komunikasi Gunadarma, Depok.
Telepon :
08571234567 / 081260001333.
Email : 
Twitter: @makompersUG . 
Facebook: Makompers UG.



Leave a Reply